STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) DAN
SPESIFIKASI UJIAN PRAKTEK PENJASKES
MADRASAH TSANAWIYAH (MTS)
KABUPATEN TEGAL
DEPARTEMEN AGAMA
KOORDINATOR KELOMPOK KERJA (KKM)
MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) KABUPATEN TEGAL
Sekretariat : Jl. Prof. Moh. Yamin Kotak Pos 24 Telp. (0283) 491124
Kec. Slawi – Kab. Tegal (52401)
DEPARTEMEN AGAMA
KOORDINATOR KELOMPOK KERJA MADRASAH TSANAWIYAH
KABUPATEN TEGAL
Sekretariat : Jl. Prof. Moh. Yamin Kotak Pos 24 Telp. (0283) 491124 Slawi 52401
UJIAN PRAKTEK MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
I. Tujuan Umum
Siswa dapat memahami macam-macam cabang olahraga dan dapat mempraktekan dengan baik dan benar.
II. Tujuan Instruksional Khusus
Siswa dapat melakukan gerakan teknik dasar cabang atletik dengan benar
Siswa dapat melakukan gerakan teknik dasar cabang permainan dengan benar
Siswa dapat melakukan gerakan teknik dasar cabang senam lantai dengan benar
III. Sarana dan Pra sarana yang dibutuhkan
A. Atletik
1. Peluru 4 (empat) buah untuk putra 5 kg dan putri 4 kg
2. Meteran panjang 50 cm
3. Bendera
4. Peluit
5. Matras
6. Bilah dan tiang lompat
7. Bak lompat jauh
8. Stopwatch
B. Permainan (bola voli, bola basket, sepak bola)
1. Bola voli
2. Bola basket
3. bola kaki
4. tali rafia
5. Corong
6. Stopwatch
C. Senam
1. Matras
2. Stopwatch
IV. MATERI UJIAN PRAKTEK :
1. Atletik
Kompetensi yang diujikan :
a. Melakukan lari dengan jarak tertentu
b. Melakukan loncat jauh gaya jongkok atau menggantung
c. Melakukan lompat tinggi gaya stadle
d. Melakukan tolak peluru dengan awalan menyamping atau membelakangi sektor
e. Melakukan lempar lembing langkah jingkat dan hop step
2. Permainan (Bola Voli, Bola Basket, Sepak Bola)
Kompetensi yang diujikan :
a. Sepak bola melakukan dribling atau menggiring zig- zag sejauh 15 meter dengan 10 rintangan, setiap rintangan berjarak 1,5 meter.
b. Bola voli melakukan passing bawah dan atas selama 1 (satu) menit.
c. Bola voli melakukan servis bawah sebanyak 10 kali
d. Bola basket melakukan Lay Up selama 1 (satu) menit
e. Bola basket melakukan dribling zig-zag sejauh 15 meter dengan 10 rintangan, setiap rintangan berjarak 1,5 meter.
3. Senam Lantai
Kompetensi yang diujikan :
a. Melakukan 2 (dua) kali guling (roll) depan dan belakang
b. Melakukan Squat Thrust selama 1 (satu) menit
c. Melakukan Push Up selama 1 (satu) menit
d. Melakukan Sit Up selama 1 (satu) menit
e. Melakukan Back Up selama 1 (satu) menit
V. LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN SOAL, PEDOMAN PENSKORAN, CARA PENSKORAN, DAN CARA PERHITUNGAN NILAI AKHIR PENJASORKES MTS TAHUN 2009
1. Lihat dan pahami standar kompetensi lulusan mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan
2. Tetapkan jumlah indikator di tiap-tiap kompetensi yang akan diujikan.
3. Tuliskan ke dalam format kompetensi yang akan diuji, indikaotr, nomor soal, soal, kunci atau kriteria jawaban dalam spesifikasi test.
4. Penskoran
a. Jenis atau bentuk test praktek yang dilaksanakan dalam waktu (menit), akan menghasilkan berapa kali ulangan dalam melakukan bentuk keterampilan dasar penjasorkes antara lain ; ”Push Up, Sit Up, Back Up, Squat Trush, Passing Bawah dan atas, dan Lay Up”.
b. Jenis atau bentuk test praktek yang diujikan dengan menggunakan jarak tempuh, hasil test yang diperoleh adalah waktu (detik) dan jarak (meter) antara lain ; ”Altetik, menggiring bola zig-zag, dribbling bola basket zig-zag”.
5. Cara Penskoran
Misalnya Rilo Pambudi pada test bola voli soal No. 6 (passing bawah selama 1 menit melakukan sebanyak 35 kali, maka nilai yang diperoleh Rilo Pambudi adalah 80 dengan melihat norma test pada bola voli).
6. Cara Perhitungan Nilai Akhir
a. Nilai test praktek diberikan setiap kompetensi yang diujiakan, tegantung berapa indikator yang akan diujikan pada madarsah. (NK).
b. Berapa jumlah test praktek/indikator yang diujikan (T)
c. Nilai Akhir diberikan setelah mengetahui jumlah nilai (test praktek) indikator yang diujikan (NK) dibagi jumlah test praktek/indikator (T).
Contoh : Risqon mengikuti 4 (empat) test praktek/kompetensi yang diujikan dengan nilai : NK (1) = 75, NK (2) = 80, NK (3) = 80, NK (4) = 85
Nilai Akhir = NK(1) + NK(2) + NK(3) + NK(4)
€ T
= 75 + 80 + 80 + 85
4
= 80
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) DAN
Rabu, 09 Juni 2010 by Sunarno's Blog |
0
komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar